Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/dss/public_html/system/database/mysql.php on line 6
Warning: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/dss/public_html/system/database/mysql.php:6) in /home/dss/public_html/system/library/session.php on line 11Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/dss/public_html/system/database/mysql.php:6) in /home/dss/public_html/system/library/session.php on line 11Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/dss/public_html/system/database/mysql.php:6) in /home/dss/public_html/index.php on line 183Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/dss/public_html/system/database/mysql.php:6) in /home/dss/public_html/system/library/currency.php on line 45 Tanya-Jawab

Tanya-Jawab

Tanya Jawab Seputar p-Estro

 

Apakah yang dimaksud dengan hormon ?

 

Hormon: suatu zat dalam tubuh yang bekerja sebagai pengatur ( regulator ) dan penyeimbang (balancer) fungsi organ tubuh.

 

Keberadaan hormon ini dipengaruhi oleh organ (kelenjar) yang mampu memproduksi hormon. Bisa atau tidaknya suatu hormon mempengaruhi ( mengatur atau menyeimbangkan) organ tubuh sangat dipengaruhi oleh reseptor organ tersebut

 

Contoh :

Kelenjar ovarium memproduksi hormon estrogen. Target kerja hormon estrogen adalah pada organ-organ tubuh yang dipengaruhi oleh hormon estrogen, misalnya rahim.

 

Salah satu kerja dari hormon estrogen ini mengatur jaringan rahim ( Endometrium) untuk berkembang sebagai suatu persiapan nidasi ( proses menempelnya janin pada dinding rahim) jika terjadi suatu konsepsi ( pertemuan antara sel sperma & sel telur yang menjadi bentuk baru – janin). Jika konsepsi ini gagal, maka jaringan endometrium ini akan dikeluarkan oleh rahim yang dikenal sebagai “menstruasi”.

 

Dan proses ini berjalan terus-menerus dan terjadi suatu keseimbangan.

 

 

Mengapa p-Estro aman, tidak menjebabkan kanker rahim, sedangkan pemakaian hormon ( HRT ) cenderung bisa menyebabkan kanker rahim?

 

Hal ini bisa dijelaskan sebagai berikut:

 

p-Estro merupakan jenis yang seperti hormon estrogen. p-Estro mempunyai kemampuan mempengaruhi reseptor estrogen secara selektif. Hal ini yang menjadi poin positif dari p-Estro.

 

 

Apa bedanya hormon dengan enzim?

 

Enzim juga merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh kelenjar. Bedanya dengan hormon, hormon adalah mengatur kerja organ atau proses metabolisme. Sedangkan enzim terlibat dalam proses metabolisme, dan berfungsi sebagai katalisator di dalam proses.

 

Contohnya enzim amilase, enzim ini dipakai atau terlibat aktif didalam proses penguraian amilum.

 

Contoh hormon sex, hormon ini mengatur supaya terjadinya tanda sex sekunder, sedangkan hormon sex tidak terlibat didalam proses terjadinya tanda sex sekunder.

 

 

Mengapa Phytoestrogen lebih aman dan baik dibandingkan dengan herbal estrogen ?

 

Hal ini jelas sekarang dengan sejarah phytoestrogen. Dimana phytoestrogen pada asal mulanya merupakan makanan manusia yang umum ( Previous Common Food ), sedangkan herbal bukan merupakan makanan, tapi termasuk katagori medicine - obat.

 

Dan dapat dijelaskan bahwa segala sesuatu yang berstruktur sebagai obat harus dikonsumsi dalam waktu terbatas dan tidak boleh dikonsumsi dalam waktu yang lama. Karena pasti akan menimbulkan side efek yang tidak baik.

 

Produk p-Estro yang kandungannya merupakan ekstrak red clover yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai tanaman semanggi, merupakan salah satu makanan yang sangat disukai di daerah Jawa Timur. Salah satu makanan yang dikenal megandung red clover adalah Pecel Semanggi.

 

 

Mengapa red clover kurang dibahas dibandingkan isoflavon dari kedelai?

 

Awal penelitian phytoestrogen ditujukan pada kedelai, kemudian penelitian lanjutan dilanjutkan dengan red clover untuk memperbaiki kelemahan yang terjadi pada soy isoflovone.

 

Dengan kata lain red clover merupakan generasi ke II dari phytoestrogen.

 

Pada awalnya red clover digolongkan sebagai bagian dari herbal. Pada penelitian lebih lanjut, red clover digolongkan sebagai phytoestrogen, dengan salah satu alasan bahwa red clover ( semanggi merah ) juga merupakan jenis tumbuhan yang dikonsumsi sebagai bagian dari makanan sehari-hari manusia.

 

 

Apakah red clover lebih baik dibandingkan dengan jenis herbal?

 

Sampai saat ini penelitian telah menunjukkan bahwa red clover mempunyai latar belakang ilmiah yang sangat kuat dan disebutkan dalam buku teks Pharmakologi yang dikarang oleh Gilman edisi ke 10 yang merupakan buku pegangan dokter ahli farmako klinik. Sedangkan yang dari bagian herbal belum pernah disinggung. Dengan kata lain red clover bisa dibuktikan secara ilmiah.

 

 

Apakah pemakaian p-Estro dipengaruhi juga oleh individu si pemakai?

 

p-Estro sangat dipengaruhi oleh individu si pemakai. Penguraian p-Estro sangat dipengaruhi oleh flora usus / bakteri usus. Jika seseorang dengan bakteri usus yang baik, akan memberikan hasil yang baik jika dibandingkan dengan pemakai dengan bakteri usus yang kurang baik. Hal ini menunjukan bahwa efek terhadap tiap-tiap individu sangat berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Ini adalah ciri khas dari makanan alamiah.

 

 

Apa yang terjadi jika hormon estrogen tidak seimbang?

 

Dengan tidak seimbangnya hormon Estrogen, maka proses pembentukan endometrium tidak terjadi dengan baik, hal ini yang dikenal dengan gangguan menstruasi .

 

 

Apa yang dimaksud dengan phytoestrogen?

 

Suatu kandungan zat yang terdapat di dalam tumbuhan yang bukan merupakan hormon tapi mempunyai aktifitas menyerupai estrogen manusia. Yang unik dalam phytoestrogen adalah tumbuhan yang dimaksud harus merupakan tumbuhan yang merupakan makanan manusia sehari-hari dan yang telah dikonsumsi cukup lama pada sejarah manusia. Hal ini dimaksud supaya dapat dibedakan dengan Herbal estrogen ( zat di dalam tumbuhan, dimana tumbuhan itu tidak merupakan makan sehari-hari manusia).

 

Contoh dari phytoestrogen : beras, kedelai, kacang polong, daun semanggi merah.

 

Yang merupakan herbal Estrogen : tangkui ( DongQui ), Black Cohosh

 

 

Kenapa pemakaian p-Estro membuat menstruasi menjadi tidak teratur dan banyak?

 

Pada pemakaian pertama kali pada wanita dengan karakter hormonal yang sudah menurun ( diperkirakan umurnya berkisar 42 – 45 tahun ) hal tersebut diatas biasa terjadi. Hal itu hanya terjadi pada pemakaian 21 hari pertama, sebagai suatu reaksi penyeimbangan hormonal. Setelah itu akan normal kembali.

 

 

Apakah wanita yang baru mengalami pengangkatan rahim dan ovarium ( indung telur ) dianjurkan konsumsi p-Estro?

 

Setiap wanita, tanpa memperhatikan faktor umur, jika kedua ovariumnya diangkat maka wanita tersebut akan mengalami keadaan menopause, hal ini disebabkan karena pusat pembuatan hormon estrogen di ovarium (sel Granulosa folikel berkembang) sudah tidak ada, maka ia mengalami keadaan kekurangan estrogen yang bermanifestasi sebagai seorang wanita menopause, walaupun secara usia belum sampai.

 

Pada kasus seperti ini tidak dianjurkan untuk pemakaian p-Estro, tapi dianjurkan untuk pemakaian HRT selama 1 - 2 tahun. Hal ini disebabkan karena kerja p-Estro yang lambat. Jika 1 - 2 tahun kemudian , baru boleh dianjurkan untuk memakai p-Estro.

 

Pemakaian p-Estro yang terbaik adalah dimulai pada saat sang wanita memasuki fase klimakterium (peralihan pramenopause menuju menopause)

 

Secara fisiologi, pada masa itu terjadi penurunan kemampuan reseptor estrogen di ovarium untuk merespon rangsang /perintah pembuatan estrogen, dengan kata lain ada penurunan jumlah estrogen yang dapat diproduksi oleh tubuh.

 

 

Apakah pemakaian p-Estro bisa menyebabkan alergi?

 

Hal itu bisa terjadi. Kalau terjadi reaksi alergi, coba tanggulangi dengan cara mengkonsumsi di pagi hari, perut berisi makanan dan minum dengan air hangat.

 

 

Apa yang dimaksud dengan hamil anggur?

 

Hamil Anggur ( Mola hidatinosa ), merupakan suatu keadaan dimana konsepsi sudah terjadi, tapi gagal berkembang. Hamil anggur bukan termasuk kanker.

 

Yang pernah hamil anggur dengan sendirinya boleh mengkonsumsi p-Estro.

 

 

Apakah p-Estro dapat memperbaiki menstruasi yang tidak teratur?

 

Seperti diketahui bahwa menstruasi yang tidak teratur disebabkan salah satunya oleh ketidakseimbangan hormon estrogen. Jadi p-Estro dapat membantu kasus kasus mens yang tidak teratur yang disebabkan ketidakseimbangan hormonal.

 

 

Apakah p-Estro bisa membuat kelenjar malas memproduksi hormon?

 

Cara kerja p-Estro bukan dengan merangsang kelenjar ovarium untuk mengeluarkan estrogen ( EPO- Evening primrose Oil - produk yang merangsang kelenjar ovarium ).

 

Tapi cara kerja p-Estro adalah masuk sebagai bagian estrogen ( Phytoesrogen ) yang mengisi kekurangan estrogen yang ada.

 

Pemakaian p-Estro tidak menganggu produksi estrogen yang alami pada tubuh.

 

 

Apakah minum p-Estro harus ditunda pada waktu sakit flu dan minum obat untuk mengobati penyakit?

 

Pada waktu sakit flu, tidak perlu menunda meminum p-Estro. Hal ini disebabkan karena p-Estro tidak mempengaruhi kerja organ lain.

 

 

Potensi p-Estro dipengaruhi oleh obat apa saja?

 

Potensi dari p-Estro dipengruhi oleh flora usus. Kemampuan kerja dari p-Estro akan terpengaruh jika flora usus seseorang kurang. Oleh karena itu riwayat pemakaian antibiotik yang sering dan lama akan mempengaruhi potensi kerja p-Estro.

 

 

Mengapa pada pemakaian p-Estro bisa timbul seperti jerawat?

 

Hal ini jarang terjadi. Kalaupun terjadi, biasanya pada wanita dengan tipe kulit yang menjadi kering akibat penurunan kadar estrogen. Dapat dikatakan bahwa fungsi p-Estro adalah membuat kulit itu menjadi lebih lembab dan tidak kaku (moisture). Kulit manusia akan halus dan lembut jika minyak kulit cukup.

 

p-Estro membuat kelenjar minyak di kulit aktif kembali. Saluran keluar minyak adalah pori-pori. Jika saluran pori-pori tertutup karena akibat kulit yang sudah mengering (kalau kulit mengering salurannya akan tertutup). Akibatnya akan timbul saluran minyak yang terhambat yang dikenal sebagai seperti jerawat.

 

Untuk kasus ini dianjurkan adalah anda perlu cuci muka ( facial treatment ) dan problem ini akan hilang dengan sendirinya.

 

 

Kapan waktu terbaik mengkonsumsi p-Estro ?

 

Waktu pengkonsumsian p-Estro bebas. Yang penting adalah waktu pengkonsumsian teratur setiap hari, misalnya jika di konsumsi tiap pagi hari, maka diusahakan konsumsi tiap pagi untuk hari – hari selanjutnya.

 

 

Mengapa pemakai p-Estro kadang masih merasakan gejala hot flushes ?

 

Hal ini bisa terjadi karena penurunan dari kemampuan usus untuk mencerna p-Estro. Seperti yang diketahui bahwa p-Estro harus di cerna terlebih dahulu. Jika kurang bisa dicerna dengan baik, akibatnya kadar estrogen dari p-Estro menjadi turun. Sehingga respons tubuh seperti kurang estrogen.

 

Untuk mengatasi hal seperti ini dianjurkan untuk menaikkan konsumsi p-Estro menjadi 2 X 1 tablet dan memperbaiki fungsi usus.

 

 

Apa yang mempengaruhi efektifitas dari produk p-Estro ?

 

p-Estro merupakan produk yang alamiah, salah satu sifat dari produk alamiah adalah produk itu harus bisa diolah lanjut oleh tubuh.

 

p-Estro yang diminum akan dirubah menjadi bahan yang aktif di bagian usus manusia. Pengolahan ini ( Proses Fosforilasi ) sangat tergantung oleh kemampuan bakteri usus. Jika bakteri ususnya kurang baik ( pada riwayat peminum antibiotika jangka panjang ), maka penguraian p-Estro menjadi kurang efektif.

 

Salah satu solusi jika bakteri usus anda sudah kurang baik, anda dapat mengkonsumsi 2 tablet p-Estro dalam sehari, yaitu pagi dan sore.

 

Wanita >40 tahunan , minum p-Estro selama 9 bulan , memasuki bulan tiga bulan terahkir ini mens menjadi lebih panjang/lama dan banyak.

 

Ditinjau pada usia pasien, dikatakan bahwa pasien sudak memasuki masa klimakterium. Pada keadaan diatas, secara fisiologi ( alamiah ) sudah mulai terjadi suatu proses kematian sel-sel pengatur reproduksi. Hal ini disebabkan oleh memendekknya rantai telomer dan DNA manusia. Fungsi telomer merupakan seperti baterai yang mempunyai masa paket dan pasti akan habis yang diexpresikan sebagai sel yang tidak sanggup untuk berduplikasi alias mati.

 

Sel pengatur reproduksi pada wanita terdapat pada kedua ovarium manusia, yang tersebar pada lapisan cortex ovarium yang dikenal dengan sel Granulosa dan sel theca (interna dan eksterna). Estrogen dan progesteron dibentuk di sini kemudian disalurkan ke seluruh tubuh .

 

Sel theca mempunyai fungsi untuk mesuplai enzim untuk proses Progesterone à Estrogen. Sel Granulosa memproduksi progesteron dan berfungsi sebagai tempat proses akhir dari estrogen.

 

Dengan kata lain kalau sel theca rusak dan sel granulose baik maka akan terbentuk progesterone. Kalau sel Granulosa baik, sel theca jelek, maka juga akan terbentuk progesterone. Estrogen hanya terbentuk jika kedua macam sel baik.

 

Jadi kesempatan terbentuknya estrogen lebih rendah dibandingkan dengan progesterone. Semua gejala klimakterium pada seorang wanita yang akan menopause dapat dikatakan bahwa kadar estrogennya turun, akan tetapi progesteronnya malah menjadi lebih tinggi / banyak dari normal.

 

( hasil test darah seorang wanita yang akan menopause adalah Estrogen turun, Progesteron naik, FSH naik ).

 

Pada siklus haid , estrogen adalah yang membuat endometrium ( lapisan rahim yang untuk penamanam hasil konsepsi sperma dan ovum), sedangkan progesteron yang membuat lapisan endometrium runtuh yang dikenal dengan menstruasi.

 

Pada kasus di atas dapat dianalisa sebagai berikut.

 

Pada wanita diatas jelas sekali kelihatan bahwa progesteronnya dominan sekali (bisa dibuktikan secara lab). Dimana tandanya mens menjadi lama dan banyak. Pada kasus normal progesteron seperti gas untuk mens, sedangkan Estrogen sebagai rem untuk mens.

 

p-Estro adalah penganti estrogen, p-Estro tidak merangsang pembuatan estrogen. Jadi dikatakan pada saat itu perimbangan Estrogen dan progesterone sudah tidak seimbang dimana progesteron lebih meningkat yang diakibatkan oleh rusaknya sel pengatur reproduksi.

 

Kasus seperti diatas sementara dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 tablet p-Estro ( secara bersamaan ) dalam waktu yang singkat, kemudian kembali lagi ke 1 tablet.

 

Alasannya adalah untuk menyimbangkan progesteron.

 

Ingat, pada kasus menstruasi yang panjang selalu diberikan estrogen. Estrogen termurah adalah estrogen dalam pil KB. Jadi banyak kasus pil KB dijadikan obat.

 

 

Contoh kasus

Wanita berusia > 40 tahunan, dengan keluhan awal bakteri usus yang kurang. Kemudian minum bakteri normal ( Yakult) + p-Estro, selama 10 hari. Setelah minum 1 minggu muncul keluhan berupa muncul kelainan pada kulit seperti jerawat dengan gejala gatal. Kemudian konsumsi bakteri ( Yakult) dan p-Estro di hentikan satu minggu, keadaan tidak membaik. Menurut analisa dokter kulit, kelainan kulit yang seperti jerawat ini disebabkan faktor hormonal. Pertanyaannya : Apakah setelah pengkonsumsian p-Estro yang cukup lama ( kira kira 9 bulan ) dan ditambah dengan bakteri (Yakult) akan menimbulkan kenaikan kadar Estrogen sehingga berdampak yang tidak baik untuk kulit ?

 

Pada saat awal pengkonsumsian terjadi suatu keadaan keseimbangan dimana efek progesteron diimbangi oleh estrogen. Seperti kita ketahui bahwa progesteron yang membuat kulit menjadi jelek, sebaliknya kulit yang halus dan licin dipersembahkan oleh Estrogen. ( Ada obat yang menekan progesterone sehingga kulit menjadi licin dan bagus, dengan efek samping yaitu susah punya turunan).

 

Pada saat supply estrogen menurun, sedangkan produksi progesteron yang masih terjadi maka progesteron menjadi dominan. Diperkirakan bahwa sel theca atau sel granulose masih cukup aktif berproduksi, dan perbandingan antara sel granulose dan sel theca sudah tidak seimbangan sehingga produksi progesterone lebih dominan.

 

Ingat salah satu tanda sindroma menopause adalah tumbuh jerawat.

 

Pada keadaan seperti ini tidak bijaksana untuk menghentikan konsumsi estrogen ( p-Estro ). Dianjurkan untuk tetap mengkonsumsikan p-Estro dalam dosis normal. Tidak dianjurkan untuk menambahkan dosis, dengan alasan bahwa lonjakan progesterone ini bersifat siklus. Dalam +/- 21 hari siklus ini akan turun dengan sendirinya .

 

Ada cara lain mengatasi hal ini dengan memberikan produk anti progesteron, tapi itu tidak dianjurkan pada usia yang sudah memasuki masa klimakterium. Begitu estrogen sudah mencukupi, kulit itu akan baik dengan sendirinya ( diasumsikan tidak ada faktor alergi )

 

Ingat bahwa kadar estrogen tidak bersifat akumulasi, artinya apa yang anda konsumsi hari ini, tidak dapat disimpan/ditambahkan untuk hari esok. Jadi habis terpakai pada hari itu juga .

 

Jadi walaupun pengkonsumsian dengan jangka waktu yang lama, itu tidak dapat diakumulasikan, sehari konsumsi untuk sehari. Bila kebutuhan estrogen tidak cukup untuk sehari, justru itu akan menimbulkan gangguan sel yang bisa bersifat akumulatif.

 

 

Pemakaian awal p-Estro mengalami ketidakteraturan haid. Walaupun sebelumnya tidak ada riwayat mens yang tidak teratur. Bagaimana penjelasannya?

 

Seperti diketahui bahwa siklus haid dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesterone. Estrogen mulai meninggi dan mencapai puncak pada waktu ovulasi ( subur ) kemudian menurun. Sedangkan progesteron mengimbanginya.

 

Pada keadaan menjelang klimakterium, kadar estrogen menurun secara total. Dan progesteron pun menyesuaikan dengan kadar yang sesuai dengan keadaan estrogen.

 

Dengan mengkonsumsi p-Estro, kadar estrogen pun mengalami kenaikan, hal ini disebabkan bahwa p-Estro bekerja seperti estrogen dan tubuh mengenal sebagai estrogen, sehingga tubuh menganggap kadar estrogen menjadi naik. Di lain pihak progesteron mengalami keterlambatan penyesuaian dengan naiknya kadar Estrogen. Hal ini bermanifestasi sebagai menstruasi menjadi tidak teratur, menjadi maju atau menjadi mundur periode haid. ( Secara statistik lebih banyak kasus menstruasi menjadi mundur ).

 

Contoh kasus yang mirip seperti diatas adalah pemakaian kontrasepsi darurat ( Emergency Contraception ).

 

 

DSS p-Estro Membantu Anda menghadapi gejala pre Menopause dan efek post Menopause

 

Cukup dengan 1 tablet sehari membantu Anda menghadapi gejala dan efek menopause.

Berfungsi untuk menggantikan estrogen dan bisa dikonsumsi dalam jangka waktu lama karena termasuk common food.

 

 

Apakah anda membutuhkan p-Estro?

  1. Apakah Anda seorang wanita?
  2. Apakah usia anda lebih dari 35 tahun?
  3. Apakah anda mengalami gejolak panas di dada dan muka (Hot Flushes) ?
  4. Apakah sering berkeringat terutama pada malam hari?
  5. Apakah anda sering uring-uringan, mood sering berubah-ubah atau mudah marah?
  6. Apakah anda mengalami nyeri pada tulang dan sendi?
  7. Apakah anda ada perubahan suara?
  8. Apakah anda susah tidur?
  9. Apakah anda mengalami penurunan libido atau orgasme terlambat?
  10. Apakah daya ingat dan konsentrasi anda menurun?
  11. Apakah anda merasa ephoria, paranoid atau depresi?
  12. Apakah anda mengalami inkontinensia urine?
  13. Apakah menstruasi anda tidak teratur? 

 

Apabila anda menjawab YA lebih dari 3, berarti anda memerlukan p-Estro.

 

 

Kapan minum p-Estro?

 

  1. Terbaik diminum saat klimakterium (10 tahun sebelum menopause)
  2. Jangan diminum bila dibawah usia 24 tahun atau belum menikah
  3. Tidak boleh diminum oleh pria atau remaja

 

Menopause - siapa takut? Ada p-Estro membantu Anda!